Definisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Distance Learning

Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran Jarak Jauh

Definisi Pembelajaran jarak jauh – juga sering disebut sebagai “Distance Learning”, secara sederhana didefinisikan sebagai “bidang pendidikan yang berfokus pada andragogi dan pedagogi, sistem instruksional, dan teknologi yang berusaha untuk memberikan pendidikan kepada siswa yang tidak secara fisik dalam pengaturan kelas atau kampus.” Dalam istilah yang paling sederhana, itu berarti mendapatkan gelar secara online.

Definisi Pembelajaran jarak jauh dalam Penggunaan elektronik (yaitu komputer) dan media cetak memungkinkan siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka tanpa menghadiri kelas di kampus perguruan tinggi atau universitas. Mereka diaktifkan untuk berkomunikasi dan belajar pada waktu yang mereka pilih, melalui berbagai teknologi yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara real time dan melalui berbagai cara menggunakan internet. Aplikasi yang sering digunakan yaitu ZOOM  dan untuk perngkat yang digunakan dapat berupa Webcam

Selain itu, kursus pendidikan jarak jauh tidak memerlukan kehadiran fisik di tempat karena alasan termasuk mengikuti ujian yang dianggap sebagai program studi campuran atau hibrida.

Keuntungan dan Kerugian Pembelajaran Jarak Jauh

Tentu, ada keuntungan dan kerugian untuk program gelar pendidikan jarak jauh. Namun, bertentangan dengan berbagai keyakinan dan pendapat, manfaat pendidikan jarak jauh jauh lebih besar daripada kerugiannya.

Keuntungan dari pembelajaran jarak jauh adalah:

1. Tidak memerlukan perjalanan – karena itu menghemat uang dan waktu Anda

2. Anda menyelesaikan sebagian besar kelas dengan kecepatan Anda sendiri – tanpa tekanan

3. Anda dapat tinggal di mana saja di dunia, belajar dari mana saja di dunia, dan melanjutkan studi kursus pendidikan jarak jauh pilihan Anda

4. Dapatkan pengetahuan ekstra saat Anda belajar – gunakan keterampilan komputer dan internet yang Anda peroleh dan kemudian terapkan ke aspek lain dalam hidup Anda

5. Lingkungan belajar mandiri dapat dimanfaatkan oleh siswa yang paling cepat atau paling lambat – meningkatkan tingkat kepuasan sekaligus mengurangi stres dalam prosesnya

6. Faktor aksesibilitas – kursus pendidikan jarak jauh membahas masalah aksesibilitas fisik yang sering dihadapi orang dengan masalah mobilitas saat terdaftar di kelas tradisional di kampus

Sayangnya, Anda tidak dapat mendiskusikan keuntungan dari pendidikan jarak jauh tanpa menutupi kekurangannya. Kelemahan tersebut adalah sebagai berikut:

7. Terkadang teknologinya rumit dan mahal – meskipun banyak peluang pendidikan jarak jauh, selalu ada biaya yang menyertainya

8. Perencanaan sebelumnya diperlukan – baik instruktur dan siswa seringkali perlu berkorban menjadwalkan waktu untuk menyelesaikan sesuatu

9. Waspadalah terhadap biaya tersembunyi – Jika Anda berada di cabang angkatan laut militer misalnya, dan Anda berada di laut, bagaimana Anda menerima bahan pelajaran Anda?

10. Pembelajaran jarak jauh tidak menawarkan umpan balik langsung – dalam pengaturan kelas tradisional, kinerja siswa segera dinilai, sedangkan dengan pendidikan jarak jauh, siswa harus menunggu umpan balik sementara instruktur meninjau pekerjaan mereka

11. Pembelajaran jarak jauh tidak selalu menawarkan semua kursus yang diperlukan secara online – siswa yang mengejar sertifikat atau gelar tertentu mungkin tidak diberikan semua kursus yang diperlukan yang tersedia melalui program pendidikan jarak jauh sehingga beberapa program tidak cocok untuk semua program studi.

12. Pembelajaran jarak jauh mungkin tidak diakui oleh semua pemberi kerja – memang, sebagian besar pemberi kerja akan mengakui pendidikan jarak jauh, tetapi ada beberapa yang tidak

13. Pembelajaran jarak jauh tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih keterampilan komunikasi lisan – siswa dalam kursus pendidikan jarak jauh tidak selalu dapat terlibat dalam interaksi verbal dengan sesama siswa dan profesor

14. Isolasi sosial – lebih sering daripada tidak, Anda belajar sendiri dan siswa yang belajar jarak jauh sering kali merasa terisolasi dan merindukan interaksi sosial yang menyertai ruang kelas tradisional di kampus

Source by David Cassell

Leave A Comment

Create your account